KARPAL SINDROME atau Carpal Tunnel Syndrome

Posted On 14 November 2010

Filed under TULISAN

Comments Dropped leave a response

Bagi anda yang sering mengggunakan komputer baik untuk bekerja atau bermain, waspadailah penyakit yang satu ini, yang sering disebut penyakit CPS (Carpal Tunnel Syndrome). Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini.

Tanda-tandanya antara lain seperti sering pegal dan atau nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Wanita bahkan mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena Carpal Tunnel Syndrome dibandingkan dengan pria.

Hal terburuk yang mungkin terjadi?? jangan dianggap enteng dengan masalah CPS ini karena bisa saja CPS mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali. Apakah Carpal Tunnel Syndrome dapat disembuhkan? Tentu saja, misal dengan terapi (therapy) dan sebagainya tetapi lebih baik kita mencegah terlebih dahulu sebelum terkena penyakit CPS ini. Salah satu cara untuk melakukan pencegahan adalah dengan cara mengetahui bagaimana duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse.

  1. Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.
  2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.
  3. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.
  4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat begitu juga kaki.
  5. Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard.
  6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan anda.
  7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan anda.
  8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan.
  9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s