10 TIPE COMPUTER

Posted On 21 November 2010

Filed under Informasi Teknologi

Comments Dropped leave a response

Sebenarnya apa itu komputer? Istilah komputer sebenarnya bisa diterapkan untuk semua alat yang memiliki mikroprosesor di dalamnya, sehingga seharusnya komputer bisa memiliki bermacam-macam tipe. Apa sajakah sebenarnya tipe-tipe komputer tersebut?

  1. Personal Computer (PC)
    Personal Computer (PC) adalah komputer digital berukuran kecil yang berintikan prosesor berukuran sangat kecil(mikroprosesor) dan dirancang untuk digunakan oleh satu orang pada satu waktu.
    PC bisa berupa desktop, laptop, netbook, tablet PC, atau yang terbaru, iPad.
  2. Desktop
    Desktop adalah komputer pribadi (PC) yang dirancang untuk penggunaan di satu tempat yang permanen, biasanya di atas meja kerja atau meja belajar (top of your desk). Dulu, desktop hanya dapat dibeli dengan cara built up, yaitu unit dibeli dalam 1 paket: Central Processing Unit / CPU -dirancang agar bisa diletakkan di bawah meja-, Monitor, dan perangkat input -biasanya keyboard dan mouse. Namun karena semakin banyaknya vendor untuk masing-masing unit tersebut, unit desktop sekarang bisa dibeli secara terpisah atau yang biasa kita kenal dengan nama komputer rakitan. Desktop ketika pertama kali dirancang, berukuran sangat besar, yaitu seukuran kamar tidur. Lalu mulai mengecil menjadi seukuran kulkas dirumah, dan akhirnya pada tahun 1970an, HP 9830 diciptakan berukuran kecil sehingga bisa diletakkan di atas meja.
  3. Laptop
    Laptop atau yang biasa disebut notebook adalah komputer pribadi (PC) portable yang dirancang untuk penggunaan berpindah (mobile use) dan berukuran kecil sehingga bisa digunakan di atas pangkuan pengguna (top of your lap). Laptop terdiri dari monitor tipis, keyboard, touchpad / trackball, prosesor, memory, hard drive, speaker, dan tentunya baterai yang bisa diisi ulang untuk menunjang penggunaan secara portable. Ide pembuatan laptop datang dari peneliti dari perusahaan Xerox PARC, Alan Kay, pada tahun 1968 dan dituangkan dalam sebuah paper yang berjudul Dynabook pada tahun 1972. Dan akhirnya pada tahun 1975, IBM melalui proyek IBM SCAMP (Special Computer APL Machine Portable) menciptakan IBM 5100, komputer portable komersial pertama, dengan prototype nya berdasarkan PALM (Put All Logic in Microcode) processor. Sedangkan laptop yang berbentuk flip pertama adalah Dulmont Magnum yang diciptakan pada tahun 1981.
  4. Netbook
    Netbook adalah notebook versi kecil (keyboard dan layar lebih kecil), lebih ringan, dan tentunya jauh lebih murah. Nenek moyang netbook pertama kali mungkin adalah eMate 300 yang diproduksi oleh Apple Computer pada tahun 1997 walaupun setahun kemudian eMate tidak lagi diproduksi (diskontinu). Pada tahun 2007, Asus akhirnya mengeluarkan netbook yang bernama Asus Eee PC, berukuran 9.1″ × 6.7″ dan berat 0.9 kg. Nama Eee diambil dari tag iklan mereka, yaitu Easy to learn, Easy to work, and Easy to Play.
  5. Personal Digital Assistant (PDA)
    Personal Digital Assistant (PDA) adalah perangkat berjalan (mobile device) yang berfungsi sebagai Personal Information Manager (PIM), yaitu aplikasi untuk mengatur kegiatan pribadi. Perangkat yang menggunakan flash memory untuk penyimpanan data ini biasanya tidak memiliki keyboards, sehingga untuk input data dilakukan melalui layar sentuh. Versi PDA yang lebih besar dan lebih berat disebut dengan handheld computer.
  6. Workstation
    Workstation adalah microcomputer skala menengah ke atas yang memiliki prosesor berkinerja tinggi, tambahan memory, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang memang sengaja dirancang agar bisa mengerjakan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang tinggi, seperti 3D graphics atau game development. Workstation yang pertama kali diciptakan mungkin adalah IBM 1620 pada tahun 1959, menggunakan mesin bersandi CADET, dan berharga sangat mahal, harga sewanya saja berkisar $1000 per bulan. IBM 1620 menggunakan tabel tambahan di memory walaupun sebenarnya teknologi yang lebih mutakhir sudah ada pada saat itu. Karena itulah orang-orang mengejek CADET dengan sebutan Can’t Add,Doesn’t Even Try.
  7. Server
    Server adalah komputer fisik yang dirancang untuk menangani satu atau lebih service yang diminta oleh program yang berjalan di komputer lain yang berada dalam satu jaringan. Untuk menangani tugas yang sebegitu beratnya, maka jelas Server harus memiliki processor yang sangat powerfull, memory yang tinggi, dan hard drives dengan kapasitas yang sangat besar.
    Pada tahun 2010, Server diperkirakan menyumbang 2.5 % dari total konsumsi energi di Amerika, yang sebagian besarnya dihabiskan oleh sistem pendingin server.
  8. Mainframe
    Mainframe adalah komputer berukuran sangat besar yang sengaja dirancang untuk menangani transaksi yang sangat besar dan banyak, misal sensus penduduk, pemilu, perdagangan saham, dll. Mainframe tidak hanya beroperasi sebagai satu komputer saja, tapi sejumlah virtual machines, sehingga tidak heran jika Mainframe bisa menggantikan lusinan, atau bahkan ratusan server.
  9. Supercomputer
    Supercomputer adalah mainframe yang memiliki kekuatan pemrosesan paling kuat, mampu melakukan banyak komputasi yang rumit yang memerlukan waktu yang lama. Supercomputer biasanya terdiri dari banyak komputer berkinerja sangat tinggi yang bekerja secara paralel dalam satu sistem. Supercomputer paling cepat di dunia saat ini adalah Tianhe-I, berada di National Supercomputing Center di Tianjin, China, di klaim memiliki kecepatan 1.4 kali lebih cepat dari supercomputer sebelumnya, Jaguar Cray XT5.

10.  Wearable Computer
Wearable Computer adalah komputer yang dikenakan pada tubuh manusia. Wearable Computing saat ini sedang menjadi mode dalam dunia teknologi dan menjadi bahan penelitian diberbagai perusahaan teknologi besar. Pada dasarnya, Wearable Computer bekerja dengan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi umum (email, multimedia, kalendar) ke dalam jam tangan, ponsel, kacamata, atau bahkan pakaian. Perangkat modern pertama yang memakai konsep ini mungkin adalah perangkat penebak Roulette (Roullete adalah jenis permainan Casino untuk menebak angka yang ditunjuk oleh jarum di dalam roda yang berputar). Perangkat yang diciptakan pada tahun 1961 dan seukuran dengan bungkus rokok ini tertanam di dalam sepatu yang berfungsi untuk mengukur kecepatan roda ketika berputar dan mengukur ke arah mana jarum akan berhenti menunjuk.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s